Close-Up Interview with Fellow BBI Member, Ndari

4:09 PM


Postingan terlambat... Maaf! I know I'm sorry dear BBI fellows, and my blog readers (if there's anyone really reading this). 

So, the Indonesian Book Bloggers have finally reached 2 years of existence. Yee-ha! Well, I'm a new member, but it's always nice to gather up with the other book lovers. And, for celebrating the 2nd anniversary of BBI, I was scheduled to interview fellow members. Yep, we're practically interviewing each other. Nice, isn't it? 

I got a chance to interview @ndarow a.k.a Sekar Wulandari from Bali, Indonesia. Yet, it's in Indonesian, maybe I'll make another post with this whole transcript translated. Soon :)

1. Kenapa nama blognya Bibliophilic Bipolar? Apakah artinya? dan dari mana kepikiran pake nama itu?
Hmm.. Sebenarnya kan karena aku punya spektrum kecil Bipolar syndrome (kecil banget kok sebenarnya, lebih ke inconsistent mood swing), dan aku suka banget sama istilah Bibliophile. Dan karena alamat blogku bookinthebonnet, B-nya ada dua, jadi aku pilih dua kata itu biar catchy, hihihi.

2. Sejarah awal ngeblog itu gimana? Langsung blog buku apa gimana?
Bisa dibilang aku ini blogger yang labil. Dulu aku punya blog khusus untuk review film dan serial, terus tumblr, blog khusus curhat, dan sebagainya.. Aku gak inget punya berapa blog XD Dan gara-gara ada tugas sekolah untuk bikin website, aku mulai berniat untuk serius ngeblog.

3. Dan, apa yg membuat kamu jadi nge blog buku?

Ikut BBI bisa dibilang karena ikutan Kak Mia (miamembaca.wordpress.com) karena kulihat Kak Mia keren banget punya blog khusus buku begitu. Jadilah nekad ikut BBI. Dulu anggotanya masih dikit banget, gak sampe 20 deh.

4. Buku apa yang berkesan untuk di review?

Buku yang paling berkesan menurutku Winter Dreams - Maggie Tiojakin dan Second Chance Summer - Morgan Matson. Winter Dreams, karena menurutku itu review paling pure dan jujur yang pernah kutulis; Second Chance Summer, karena review itu dibaca penulis bukunya.

5. Buku favorit?
Buku favoritku ada dua: The Perks of Being A Wallflower - Stephen Chbosky, dan The Virgin Suicides - Jeffrey Eugenides. Dua buku itu paling sering aku baca ulang.

6. Genre apa sih yang kamu suka?
Aku paling suka genre coming-of-age. Aku juga suka filsafat dan puisi. Kalau nonfiksi, aku suka buku-buku sejarah dan psikologi.

7. Penulis favorit? 

Banyak! XD Jeffrey Eugenides, John Green, Nicole Krauss, Jonathan S. Foer, Alice Munro, Neil Gaiman, Maggie Tiojakin, Sapardi Djoko Damono, to name a few.

8. Cita-cita sebenernya jadi apa neng?

Cita-citaku juga banyak. XD Aku pengen jadi penulis, pengen punya sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus, pengen punya restoran yang ada perpustakaannya.. Satu lagi, pengen jadi sutradara :p (cita-citanya beda jauh banget ya)

9. Udah brp lama jadi anggota BBI? Pas 2 tahun beneran?
Juni ini tepat dua tahun! :D

10. Yang bikin seneng di BBI apa?
Orang-orangnya. Semuanya asik-asik, dan seleranya beda-beda, jadi bisa bikin kita mencoba keluar dari comfort zone dan baca genre buku yang belum pernah kita baca. Di kehidupan sehari-hari kan kadang kita susah nyari orang yang gak bakal naikin alis dan mikir kita aneh gara2 kita kebanyakan ngomongin buku. Di BBI ini aku nemuin orang2 yang sama "aneh"nya :p

11. Yang bikin seneng ngereview buku apa?

Aku bisa melakukan tiga kegiatan favoritku, yaitu membaca, menulis, dan ngomongin buku.

12. Ketika ngereview buku...apa yang kamu mostly liat di buku itu? Sisi apa yang kamu titikberatkan dalam menilai buku itu?

Biasanya apa perasaan atau ide baru yang aku dapat setelah aku baca buku itu. Karena aku orangnya dramatis (ehem, maklum ya cyin, cancer) jadi aku paling suka menerjemahkan perasaan dalam buku tersebut dalam reviewku.

13. Dan ketika menuliskan review, bagian apa yang akan kamu tonjolkan di review kamu?
Lebih ke efek dari buku itu ke aku, ya. Kesan apa yang ditinggalkan buku itu. Dan mungkin beberapa hal teknis, seperti misalnya karakterisasi, karena aku suka karakter yang bagus.

14. Ciri khas kamu dalam mereview buku kalo menurut diri kamu sendiri apa?

Ciri khas? Waduh.. Aku belum banyak menulis review untuk punya ciri khas XD mungkin kalau aku sudah lebih rajin baru deh aku bisa nemuin ciri khas itu.

15. Untuk pilihan buku yang di review, ada batasan tertentu kah?

Batasan sih gak ada ya.. Aku cenderung orang yang gak bisa ngomongin sesuatu secara mendalam kalau aku gak suka hal itu atau menurutku gak ada yang spesial/pengen kuomongin dari hal itu, jadi aku review buku-buku yang pengen aku review aja (dan aku pengen ubah kebiasaan ini XD)

16. Pernah ga sih di endorse ama penulis/penerbit/PR yg orgnya baik banget sama kamu, tapi bukunya jelek. How'd u review it?
Untungnya sih selama ini buku yang dikasih sama penerbit aku suka semua. Masalahnya.. Ada beberapa yang belum kureview XD (jitak diri sendiri)

17. Apa tantangan dan kesulitan dalam ngereview?
Seperti yang kuomongin di atas, aku gak bisa nulis review kalau bukunya biasa aja. Aku lebih bisa nulis review buku yang menurutku jelek atau aku gak suka, daripada nulis review kalau bukunya biasa aja.

18. Hobi kamuuuhh apa aja?

Baca buku dan nulis tentunya, sama nonton film.

19. Aktivitas di luar sekolah apa aja?
Aku jadi guru privat Bahasa Inggris, kadang jadi penerjemah juga. Ngajak main adik-adik.. Sekali-kali ngemall.. //masih abege\\ Dan yang pasti ikut bookswap di Dijon atau Kopi Kultur! (Maklum, penimbun.)

20. Apa yang bikin kamu jadi mood untuk review buku?

Kalau buku itu berkesan, dan ada sesuatu yang pengin aku omongin tentang buku itu.

21. Karakter dalam buku seperti apa yang kamu suka? (a cute guy with dorky glasses? *kedip*)
Hahaha! Kalau untuk cowok, aku paling suka karakter yang suka baca, tentunya. Yang tau puisi atau filsafat. Geeky deh pokoknya, haha. Kalau untuk cewek aku gak suka yang galau atau terlalu "cewek" gitu. Aku suka karakter yang kuat. Yang pasti I root for the underdog!

22. Suka denger lagu apa pas ngereview ataupun pas baca buku?
Aku gak suka dengerin lagu kalau lagi baca buku, tapi aku suka dengerin The Smiths, Joni Mitchell, Aimee Mann, Mumford and Sons, Payung Teduh, Noah & The Whale, Fleetwood Mac, Bob Dylan, Ella Fitzgerald.. Banyakkk XD

23. Seminggu bisa baca berapa buku? Dan seminggu review berapa buku?

Gak tentu. Bisa lebih dari tujuh, bisa satu aja, malah pernah gak baca sama sekali. Kalau review, belum tentu seminggu bisa review satu buku sih.. Doakan supaya aku bisa lebih rajin ya! Hahaha.

More on http://bookinthebonnet.blogspot.com

2 comments:

  1. waaa ndari...salah satu cita2mu, punya resto-buku, aku juga maaauuu...mudah2an kita bisa berkongsi ya hihihi

    brigida salam kenal ya!

    ReplyDelete

Thanks for reading! Feel free to let me know what you like to say about the post.

Brigida Alexandra Marcella. © The Interesting Stranger Project. Powered by Blogger.